PEMERINTAH PROVINSI BALI
DINAS PENDIDIKAN
Jalan Raya Antiga - Manggis ,
Karangasem-Bali Kode Pos 80871
Telp.
(0363)4345096. Fax. (0363) 4345096. Website:http://smkn1manggis.sch.id
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK Negeri 1
Manggis
Kelas/
Semester : X/1
Mata
Pelajaran : Sejarah
Indonesia
Materi Pokok : Menelusuri Peradaban
Awal di Kepulauan Indonesia
Sub
Materi Pokok : Awal
Kehidupan Manusia
Pertemuan
ke : 3
Alokasi
: 3 X 45 menit
1.1. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
2.1 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Menganalisis kehidupan manusia purba da
nasal-usul nenek moyang bangsa Indoesia (Melanesoid, Proto, dan Deutro Melayu)
3.3.1
Menjelaskan
perkembangan bumi dan munculnya makhluk hidup
3.3.2
Menguraikan
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia
3.3.3
Menjelaskan
jenis-jenis manusia purba di Indonesia
3.3.4
Menjelaskan
corak kehidupan manusia Zaman Praaksara
3.4
Menganalasis
nilai-nilai budaya masyarakat masa praaksara yang masih bertahan
3.4.1
Mengidentifikasi
budaya masyarakat praaksara yang masih bertahan
3.4.2
Menunjukkan
hasil-hasil budaya masyarakat praaksara yang masih bertahan
4.3 Menyajikan
informasi mengenai kehidupan manusia purba da nasal-usul nenek moyang bangsa
Indoesia (Melanesoid, Proto, dan Deutro Melayu)
4.4 menyajikan
hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan
pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat dalam bentuk tulisan
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran ini diharapkan siswa akan dapat:
1.
Menjelaskan
perkembangan bumi dan munculnya makhluk hidup
2.
Menguraikan
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia
3.
Menjelaskan
jenis-jenis manusia purba di Indonesia
4.
Menjelaskan
corak kehidupan manusia Zaman Praaksara
5.
Menganalasis
nilai-nilai budaya masyarakat masa praaksara yang masih bertahan
D. Materi
Pembelajaran
A.
Perkembangan
bumi dan munculnya makhluk hidup
B.
Asal-usul
nenek moyang bangsa Indonesia
C.
Jenis-jenis
manusia purba di Indonesia
D.
Corak
kehidupan manusia Zaman Praaksara
E.
Nilai-nilai
budaya masyarakat masa praaksara yang masih bertahan
E. Pendekatan,
Model, dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Examples non Examples,
Make a match, Learning
community dengan discovery
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
(Lembar Kerja Siswa yang berisi pertanyaan sehubungan dengan materi yang telah
dijelaskan)
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
Power Point
2. Alat :
Laptop dan infokus
3. Sumber Pembelajaran :
·
Hapsari,
Ratna dan M. Adil. Sejarah Indonesia untuk
SMK/MAK Kelas X Jakarta: Erlangga, 2017.
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Sejarah
Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Sejarah
Indonesia: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Awal
|
1. Guru memberi salam dan menanyakan kabar para peserta didik.
2. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang diperlukan).
3. Guru memantau kehadiran dengan mengabsen peserta didik.
4. Guru mempersilahkan salah satu peserta didik memimpin doa.
5. Guru memberitahu tentang tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Sebagai apersepsi, peserta didik mengamati gambar tahap-tahap evolusi manusia berdasarkan Teori Darwin yang ada pada buku pelajaran Sejarah kelas X. Gambar ini berkaitan dengan materi tentang perkembangan Bumi dan munculnya makhluk hidup.
Menanya
1. Sebelum memulai materi, dengan mengamati gambar tersebut, peserta didik mengajukan pertanyaan sehubungan dengan materi tersebut.
2. Lalu peserta didik ditanya apakah ada diantara mereka yang pernah melihat atau mengetahui gambar manusia purba? Bagi peserta didik yang sudah pernah melihat atau sudah pernah mengetahui tentang gambar-gambar tersebut, guru meminta mereka untuk menceritakan pengetahuan mengenai gambar tersebut kepada teman-temannya. Guru menyajikan materi mengenai perkembangan bumi dan munculnya makhluk hidup.
3. Mengeksplorasikan
1. Peserta didik mengumpulkan informasi terkait dengan materi pelajaran yang sedang dibahas.
2. Peserta didik mencari sumber atau informasi dari sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang dibahas
Mengasosiasikan
1. Peserta didik mencoba untuk mengembangkan berbagai pertanyaan atau tugasyang telah diberikan sehubungan dengan materi tersebut.
2. Peserta didik diberikan tugas individu untuk membuat penjelasan secara singkat dari tahapan masa perkembangan bumi.
Mengkomunikasikan
1. Setelah selesai mengerjakan, beberapa siswa mencoba untuk mempresentasikan hasil tugasnya di depan kelas.
2. Setelah beberapa siswa mencoba untuk mempresentasikan hasil tugasnya di depan kelas, guru memberi evaluasi terhadap hasil tugas.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik ditanyakan apakah sudah memahami materi tersebut.
2. Guru menutup pembelajaran minggu ini dengan memberi kesempatan kepada peserta didik memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan apa manfaat yang dapat diperoleh setelah belajar materi tentang perkembangan bumi dan munculnya makhluk hidup.
3. Guru menutup pelajaran dengan salam.
|
15 menit
|
Pertemuan ke II
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Awal
|
1. Guru memberi salam dan menanyakan kabar para peserta didik.
2. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang diperlukan).
3. Guru memantau kehadiran dengan mengabsen peserta didik.
4. Guru mempersilahkan salah satu peserta didik memimpin doa.
5. Guru memberitahu tentang tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Sebagai apersepsi, guru menyetel lagu yang berjudul “Nenenk Moyangku Seorang Pelaut.
Menanya
1. Sebelum memulai materi, dengan mendengarkan lagu tersebut, guru menanyakan kepada peserta didik apakah ada yang sudah mengetahui atau mendengar lagu tersebut? Jika sudah, peserta didik dipersilahkan untuk menjelaskan isi lagu tersebut dan menghubungkan dengan materi yang akan dijelaskan hari ini.
2. Guru menyajikan materi mengenai asal-asul nenek moyang bangsa Indonesia dan manusia purba di Indonesia
3.
4. Mengeksplorasikan
1. Peserta didik mengumpulkan informasi terkait dengan materi pelajaran yang sedang dibahas.
2. Peserta didik mencari sumber atau informasi dari sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang dibahas
Mengasosiasikan
1. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak, guru memberi sejumlah kartu-kartu yang berkenaan dengan materi pembelajaran. Kartu tersebut sudah disiapkan sebelumnya oleh guru. Kartu-kartu tersebut terdiri dari dua kelompok kartu, pertama berisi pertanyaan, dan kelompok kartu kedua berisi jawaban.
2. Peserta didik mencoba untuk memasangkan kartu yang berisi soal dan kartu yang berisi jawaban. Jadi siswa dituntut bisa mencocokkan kartu soal dan kartu jawaban denga tepat antara sejarah pada masa sekarang.
3. Peserta didik mencoba untuk mengembangkan berbagai pertanyaan sehubungan dengan materi tersebut (mencocokkan kartu).
Mengkomunikasikan
1. Setelah setiap kelompok mencoba untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi dan beberapa pertanyaan diskusi.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik ditanyakan apakah sudah memahami materi tersebut.
2. Guru menutup pembelajaran minggu ini dengan memberi kesempatan kepada peserta didik memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan apa manfaat yang dapat diperoleh setelah belajar materi tentang asal-usul nenek moyang dan manusia purba di Indonesia.
3. Guru menutup pelajaran dengan salam.
|
16 menit
|
Pertemuan ke III
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Awal
|
1. Guru memberi salam dan menanyakan kabar para peserta didik.
2. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang diperlukan).
3. Guru memantau kehadiran dengan mengabsen peserta didik.
4. Guru mempersilahkan salah satu peserta didik memimpin doa.
5. Guru memberitahu tentang tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Sebagai apersepsi, peserta didik ditunjukkan gambar peralatan dari batu, tulang dan perunggu. Gambar ini berkaitan dengan corak kehidupan manusia zaman praaksara dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara yang masih bertahan.
2. Guru memberitahu tentang tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari.
Menanya
1. Sebelum memulai materi, dengan melihat dan mengamati gambar tersebut, peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan mengenai hubungan gambar dengan materi yang akan dibahas.
5. Guru menyajikan materi mengenai corak kehidupan masyarakat praaksara dan nilai-nilai kebudayaan masyarakat praaksara yang masih betahan.
6.
7. Mengeksplorasikan
1. Peserta didik mengumpulkan informasi terkait dengan materi pelajaran yang sedang dibahas.
2. Peserta didik mencari sumber atau informasi dari sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang dibahas
Mengasosiasikan
1. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak, peserta didik diberikan sebuah tulisan mengenai “Suku Kubu atau Suku Anak dalam” kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang yang diberikan oleh guru.
2. Peserta didik mencoba untuk mengembangkan berbagai pertanyaan sehubungan dengan materi tersebut.
Mengkomunikasikan
1. Setelah setiap kelompok selesai mendiskusikan dan mengerjakan tugas yang diberikan, setiap kelompok mencoba untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
2. Setelah setiap kelompok mencoba untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi dan beberapa pertanyaan diskusi.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik ditanyakan apakah sudah memahami materi tersebut.
2. Guru menutup pembelajaran minggu ini dengan memberi kesempatan kepada peserta didik memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan apa manfaat yang dapat diperoleh setelah belajar materi tentang corak kehidupan manusia praaksara dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara yang masih bertahan.
4. pelajaran dengan salam.
|
17 menit
|
H. Penilaian Hasil Belajar
Penilaian dilakukan menggunakan penilaian otentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Format penilaian sebagai berikut.
i. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Jumlah Skor
| ||
Mensyukuri
|
Jujur
|
Kerjasama
|
Tanggung Jawab
| |||
1
| ||||||
2
|
Keterangan:
a. Sikap Spiritual
Indikator sikap spiritual “mensyukuri”:
· Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
· Saling menghormati sesama teman sekelas
· Toleransi sesama teman sekelas
· Memelihara hubungan baik dengan sesama teman sekelas.
Rubrik pemberian skor:
A = jika peserta didik melakukan empat kegiatan tersebut
B = jika peserta didik melakukan tiga kegiatan tersebut
C = jika peserta didik melakukan dua kegiatan tersebut
D = jika peserta didik melakukan satu kegiatan tersebut
b. Sikap Sosial
1. Sikap jujur
Indikator sikap sosial “jujur”
· Tidak berbohong
· Mengembalikan kepada yang berhak bila menemukan sesuatu
· Tidak menyontek
· Terus terang
Rubrik pemberian skor:
A = jika peserta didik melakukan empat kegiatan tersebut
B = jika peserta didik melakukan tiga kegiatan tersebut
C = jika peserta didik melakukan dua kegiatan tersebut
D = jika peserta didik melakukan satu kegiatan tersebut
2. Sikap kerja sama
Indikator sikap sosial “kerja sama”
· Peduli kepada sesama
· Saling membantu dalam hal kebaikan
· Saling menghargai atau toleran
· Ramah dengan sesama
Rubrik pemberian skor:
A = jika peserta didik melakukan empat kegiatan tersebut
B = jika peserta didik melakukan tiga kegiatan tersebut
C = jika peserta didik melakukan dua kegiatan tersebut
D = jika peserta didik melakukan satu kegiatan tersebut
3. Sikap Tanggung Jawab
Indikator sikap sosial “tanggung jawab”
· Melaksanakan tugas individu dengan baik.
· Menerima risiko dari tindakan yang dilakukan.
· Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti akurat.
· Mengembalikan barang pinjaman.
Rubrik pemberian skor:
A = jika peserta didik melakukan empat kegiatan tersebut
B = jika peserta didik melakukan tiga kegiatan tersebut
C = jika peserta didik melakukan dua kegiatan tersebut
D = jika peserta didik melakukan satu kegiatan tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar