DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1
MANGGIS
Jalan Raya Antiga - Manggis ,
Karangasem-Bali Kode Pos 80871
Telp.
(0363)4345096. Fax. (0363) 4345096. Website:http://smkn1manggis.sch.id
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK Negeri 1
Manggis
Kelas/
Semester : X/1
Mata
Pelajaran : Sejarah
Indonesia
Materi Pokok : Menelusuri Peradaban
Awal di Kepulauan Indonesia
Sub
Materi Pokok : Terbentuknya
Kepulauan Indonesia
Pertemuan
ke : 2
Alokasi
: 3 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli ( gotong
royong, kerjasama, toleran, damai ), santun, responsive dan pro aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social adan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
tehnologi, seni, budaya, humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah,
menalar dan mengkaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipaelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
3.2. Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman Praaksara.
4.2. Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan
masyarakat pada zaman
praaksara dalam
bentuk tulisan
C.
Indikator
Pencapaian kompetensi :
3.2.1. Menjelaskan proses alam terjadinya Kepulauan
Indonesia
4.2.1. Mengidentifikasi jenis flora dan fauna di Kepulauan
Indonesia
D.
Tujuan
Pembelajaran.
:
1. Dengan menelaah
buku siswa dapat menjelaskan proses
alam terbentuknya Kepulauan Indonesia.
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat
menganalisis pembabakan waktu pada zaman Praaksara
3. Dengan
mengamati Peta peserta didik dapat menunjukan di peta Indonesia tempat yang rawan terjadinya gempa serta
tandai dengan garis merah
4. Dengan
mengamati Peta Dunia peserta didik dapat menemukan potensi bangsa Indonesia
karena berada di tempat sangat strategis pada Peta Dunia
5. Melalui download diinternet peserta
didik dapat menemukan informasi tentang perkembangan Flora dan Fauna di Zona
Wallace.
E. Materi Ajar
1. Proses
terbentuknya Kepulauan Indonesia.
2. Pembabakan
waktu Zaman Praaksara.
3. Terjadinya Kepulauan Indonesia
4.
Letak kepualaun Indonesia yang rawan bencana ( Gunung Api/ gempa)
5. Keanekaragaman Flora dan Fauna dikepulauan
Indonesia bagian Barat danTimur.
F. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : scientific
learning
2. Metode : Observasi, Ceramah, diskusi, tanya
jawab dan penugasan
3. Strategi : Cooperativ learning : Jigsaw
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengajak peserta didik untuk berdoa
·
Guru membuka pertemuan dengan salam
·
Mengabsensi peserta didik
·
Mereview kembali pembahasan pada
pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melanjutkan pembelajaran
selanjutnya
·
Menjelaskan
materi yang akan dibahas hari ini .tujuan pembelajaran serta criteria penilaian.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10
Menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik memperhatikan peta dunia untuk
menemukan kepulauan Indonesia yang letaknya sangat strategis, menemukan serta
potensi termasuk potensi sering
terjadinya gempa bumi
·
Guru membagi Peserta didik dalam 6 kelompok
yang beranggotakan 4 orang dan masing - masing kelompok mendiskusikan masalah yang ada dalam kartu soal
·
Guru membagi kartu soal:
1. Proses
terbentuknyaKepulauan Indonesia.
2. Rumusan
tentang pembabakan waktu zaman Praksara
3. Hikmah
Dan potensi bagi bangsa Indonesia yang hidup pada lingkungan geologis
Indonesia
4. Mengidentifikasi
jenis jenis Flora dan fauna di Indonesia
Menanya
·
Langkah 1: Kelompok kelompok awal mendiskusikan masalah sesuai dengan no yang
di dapat
·
Langkah 2: Diskusi kelompok ahli :
Anggota kelompok memisahkan diri
sesuai dengan no yang didapat dan
mendiskusikan kembali masalah yang telah dikerjakan di kelompok awal
·
Langkah ke 3: kelompok ahli kembali ke
kelompok awal untuk membawa hasil diskusi di kelompok ahli dan menyampaikan
kepada seluruh anggota kelompok awal
Menalar
·
Setiap peserta didik diberikan
kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya dalam diskusi tersebut
Mencoba
·
Peserta didik menelaah buku dan mencari informasi
dari internet tentang jenis Flora dan Fauna di Indonesia ,
·
Peserta didik menceritakan kembali kepada
teman-temannya dalam diskusi dengan 3-5 kalimat/cerita singkat
·
Setiap peserta didik yang tergabung dalam
kelompok mencatat hasil diskusi
Membangun Jejaring
·
Peserta didik menyusun laporan hasil diskusi
dan masing-masing kelompok mempresentasikan
di depan kelas dan kelompok lain menanggapi.
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Dengan dibantu guru, peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dibahas
·
Peserta didik menyimpulkan nilai-nilai atau manfaat apa yang didapat dari
pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari
·
Memberi tugas kepada peserta didik untuk
mengerjakan tugas mandiri di rumah sebagai refleksvi dari materi yang telah
dibahas
·
Pembelajaran diakhiri dengan doa/salam penutup.
|
20
enit
|
H. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat
dan bahan : Slide power point,Peta Dunia,
2. Sumber Belajar :
a. Sardiman
dkk, 2013, Sejarah Indonesia kelas X, Jakarta:
Kemendikbud. ,2013, Buku Panduan Guru Sejarah Indonesia kelas
X, Jakarta : Kemendikbud
b. Internet
Teori terjadinya bumi
c. Peta
Indonesia dan Dunia
I. Penilaian Proses dan hasil belajar
1.
Teknik : tes dan non tes
2.
Bentuk :
a. Tes : tes tertulis
b. Non Tes
: penilaian portofolio, penilaian kinerja
3. Instrumen Penilaian Tes
Uraian :
1. Bagaimana
proses alam terbentuknya Kepulauan Indonesia?
2. Bagaimanakah
Pembabakkan Waktu Zaman Praaksara
3. Carilah
Perbedaan Jenis Flora dan Fauna di kepulauan Indonesia bagian Barat dan Timur berdasarkan
ciri – cirinya !
Kunci
Jawaban :
1.
Proses alam terbentuknya
kepulauan Indonesia adalah :
Sebuah teori geologi kuno
menyebutkan, proses terbentuknya daratan yang terjadi di Asia belahan selatan
adalah akibat proses pergerakan anak benua India ke utara yang bertabrakan
dengan lempeng bumi bagian utara. Pergerakan lempeng bumi inilah yang kemudian
melahirkan Gunung Himalaya. Konon proses yang terjadi pada 20-36 juta tahun
yang silam itu menyebabkan sebagian anak benua di selatan terendam air laut,
sehingga yang muncul di permukaan adalah gugusan-gugusan pulau (nusantara) yang
merupakan mata rantai gunung berapi.
2.
Pembabakan waktu pada
zaman praaksara adalah :
a.
Azoicum (Yunani: a =
tidak; zoon = hewan),
Yaitu zaman :sebelum adanya kehidupan.
Pada saat ini bumi baru terbentukdengan suhu yang relatif tinggi. Waktunya
lebih dari satu
milyar tahun lalu.
b.
Palaezoicum, yaitu zaman
purba tertua. Pada masa ini sudahmeninggalkan fosil flora dan fauna.
Berlangsung kira-kira50.000.000 tahun.
c.
Mesozoicum, yaitu zaman
purba tengah. Pada masa ini hewan, mamalia (menyusui), hewan amfibi,
burung dan tumbuhanberbunga mulai ada. Lamanya kira-kira 140.000.000 tahun.
d.
Neozoicum,
yaitu zaman purba baru, yang dimulai sejak 60.000.000 tahun yang lalu
3.
Perbedaan jenis flora dan
fauna antara Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur berdasarkan
ciri – cirinya adalah :
a. Wilayah
Indonesia Barat
Meliputi
Sumatera, jawa dan Kalimantan bercorak asia ( Asiatis)
Jenis
hutan tropis: meranti, kamper, keruing, taluang dan mahoni
Fauna:
gajah, badak, harimau dan Orang utan
b. Wilayah
Indonesia Timur
Meliputi
papua dan pulau pulau sekitar bercorak Australian
Jenis
flora : hutan tropis: Sagu dan nipah
Fauna
: Binatang menyusui bertubuh kecil( kangguru) , jenis burung berwarna:
cenderawasih, kasuari, nuri
b. Non tes
1. Lembar Pengamatan kerja kelompok
2. Lembar pengamatan presentasi
3. Pembuatan Laporan
Mengetahui Antiga,
11 Juli 2019
Kepala SMK Negeri 1 Manggis Guru Mata Pelajaran Sejarah
I Nyoman Wage, S.Pd. I
Nengah Aris Pratama, S.Pd
NIP.19710116 200501 1 011 NIP.19900717 201503 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar