DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1
MANGGIS
Jalan Raya Antiga - Manggis ,
Karangasem-Bali Kode Pos 80871
Telp.
(0363)4345096. Fax. (0363) 4345096. Website:http://smkn1manggis.sch.id
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Manggis
Kelas / Semester : X/I
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Materi
Pokok : Menelusuri Peradaban awal di
Kepulauan Indonesia
Sebelum Mengenal Tulisan
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit ( 3 JP )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
3.1. Memahami
dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan
waktu dalam sejarah.
3.2. Memahami
corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
4.1. Menyajikan
informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik,
ruang dan waktu dalam sejarah.
4.2. Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan
masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Menjelaskan pengertian
diakronis dan sinkronis
3.1.2
Menerapkan berfikir
diakronis dan sinkronis dalam memahami dan merekontruksi sejarah yang
dipelajari
3.2.1
Menjelaskan pengertian praaksara
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
aktifitas tanya
jawab siswa dapat menjelaskan
pengertian praaksara dan prasejarah
2. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat membandingkan pengertian
praaksara dan prasejarah
3. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menunjukan contoh konsep berpikir kronologis (diakronis) dan sinkronis dalam
penulisan sejarah
E.
Materi
Ajar
1. Pengertian Pra Aksara dan
Prasejarah
Pra sejarah : sebelum ada Sejarah: Masa sebelum ada aktivitas
kehidupan manusia
Praaksara : sebelum ada Tulisan :
masa sebelum kehidupan
manusia mengenal tulisan
2. Pengertian Kronologis, diakronis dan sinkronis
Pemahaman tentang kronologis (diakronis) dan sinkronis
Kronologis : Pengetahuan tentang ruang dan
waktu dengan menekankan perlunya seluruh kejadian atau peristiwa berdasarkan
urtan waktu. peristiwa dan kejadian yang terjadi lebih dulu daripada yang
terjadi kemudian
Diakronis: Kemampuan memahami peristiwa
dengan melakukan penelusuran pada masa lalu ( Ciri berpikir Sejarah)
Sinkronis: memahami peristiwa dengan
mengabaikan aspek perkembanganya dengan mementingkan struktur yang terdapat
didalam setiap peristiwa ( cirri
berpikir ilmu social)
Kronologi berarti sesuai dengan urutan
waktu. Peristiwa sejarah akan selalu berlangsung sesuai dengan urutan waktu,
sehingga tidak terjadi secara melompat-lompat. Pemahaman sejarah yang tidak
kronologis akan membuat pemahaman yang keliru tentang sejarah
F.
Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Scientifict learning
2. Strategi/model : cooperative learning/problem based learning
3.
Metode :
Diskusi kelompok, group investigation, ceramah,
Penugasan
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberi
Salam
·
Guru
memeriksa kesiapan tempat pembelajaran (kebersihan dan kenyamanan) serta
mengecek presensi siswa
·
Mempersilakan
salah satu peserta didik memimpin doa ( Jika jam pertama)
·
Absensi
siswa
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik melalui
power point
|
10
Menit
|
Inti
|
MENGAMATI
·
Peserta
didik membaca buku sejarah hal…
·
Peserta
didik mengamati tayangan gambar dalam power point untuk appersepsi materi
·
Peserta
didik dibimbing untuk mencari informasi dari buku tentang materi yang dibahas
MENANYA
·
Peserta
didik diharapkan menyampaikan pertanyaan yang berkaiatan dengan materi didalam sebuah kertas dan dikumpulkan
(Pertanyaan yang terkumpul menjadi
bahan untuk topic diskusi) ( Jika tidak ada pertanyaan sudah disiapkan oleh
guru)
MENALAR
·
Guru
membagi peserta didik menjadi 6
kelompok masing masing kelompok beranggotakan 5 siswa dengan cara menghitung
1- 6
·
Guru
membagikan kertas pertanyaan kepada setiap kelompok untuk didiskusikan
·
Siswa
mendiskusikan pertanyaan pertanyaan yang disampaikan
MENCOBA
·
Peserta didik mencatat hasil diskusi
·
Peserta didik membuat laporan
hasil diskusi
MEMBUAT JEJARING
·
Guru meminta perwakilan masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas
·
Peserta lain menanggapi hasil diskusi yang di presentasikan
·
Peserta didik mencatat/
menyempurnakan hasil diskusinya
·
Peserta didik membuat laporan hasil dikusi untuk dikumpulkan
|
60
Menit
|
Penutup
|
·
Peserta
didik diberikan ulasan singkat tentang kegiatan pembelajaran dan hasil
belajarnya
·
Peserta
didik dimotivasi untuk menanyakan yang belum jelas.
·
Peserta
didik diberikan pertanyaan secara lisan.
·
Peserta
didik membuat kesimpulan materi yang baru dibahas
·
Guru
memberikan informasi tentang materi yang akan dibahas minggu depan dan
mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi dulu dirumah sebagai
tugas
·
Guru
mengakhiri pelajaran dengan salam.
|
20
Menit
|
H.
Alat
dan Sumber Belajar
1.
Buku sumber Sejarah SMA Klas X
·
Modul Mata Pelajaran Sejarah Peminatan
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud 2013
·
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. 2013. Sejarah
Indonesia, Jakarta: Kemendikbud
·
Nico Tamiend R & M.P.B Manus, 2013, Sejarah, Jakarta: Yudhistira
·
I Wayan Badrika, 2013, Sejarah SMA,
Jakarta: Penerbit Erlangga
Ć Power
Point
Ć Kartu
pertanyaan
I.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
- Teknik : Tes dan Non tes
- Bentuk : Uraian dan tugas
- Instrumen (Tes dan Non tes)
a.
Tes uraian:
SOAL:
Kerjakan
soal berikut ini dengan benar!
1. Bandingkan
perbedaan pengertian Prasejarah dan Praaksara
2. Jelaskan
pengertian kronologis dalam peristiwa sejarah!
3. Bandingkan
pola berpikir Sinkronis dan Diakronis
KUNCI
JAWAB:
1. Pra
sejarah
: sebelum ada Sejarah: Masa sebelum ada
aktivitas kehidupan manusia
Praaksara : sebelum ada Tulisan :
masa sebelum kehidupan
manusia mengenal tulisan
2. Kronologis berarti sesuai dengan urutan waktu. Peristiwa
sejarah akan selalu berlangsung sesuai dengan urutan waktu, sehingga tidak
terjadi secara melompat-lompat. Pemahaman sejarah yang tidak kronologis akan
membuat pemahaman yang keliru tentang sejarah.
3. Pola
Berpikir Sinkronik adalah memahami
peristiwa dengan mengabaikan aspek perkembanganya dengan mementingkan struktur
yang terdapat didalam setiap peristiwa (
ciri berpikir ilmu social) dan diakronik
adalah Kemampuan memahami peristiwa dengan
melakukan penelusuran pada masa lalu ( Ciri berpikir Sejarah)
Pedoman Penskoran :
Penskoran
No.
|
Skor
( max)
|
1
|
25
|
2
|
25
|
3.
|
50
|
Jumlah
|
100
|
b.
Non Tes
Penilaian:
NO
|
NAMA SISWA
|
Keterampilan yang dinilai
|
SKOR
TOTAL
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
dst
|
Keterampilan/
aspek yang dinilai:
1.
Partisipasi
2.
Kemampuan bekerjasama
3.
Kemampuan menyampaikan pendapat
4.
Kemampuan berargumentasi
5.
Menghargai
pendapat peserta diskusi
Penilaian:
Skor
maksimum untuk setiap keterampilan yang dinilai adalah 5, sehingga skor total adalah 25 (5x5). Diubah menjadi
nilai dengan dikalikan 4 untuk mendapat nilai bulat (100).
Contoh skor:
18---------nilai= 72 (18x4).
Mengetahui Antiga,
11 Juli 2019
Kepala SMK Negeri 1 Manggis Guru Mata Pelajaran Sejarah
I Nyoman Wage, S.Pd. I
Nengah Aris Pratama, S.Pd
NIP.19710116 200501 1 011 NIP.19900717 201503 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar